Pajak adalah kata keseharian orang siantar yang berpadan dengan kata pasar dalam bahasa indonesia. Pajak horas berada di jantung kota Pematang Siantar, tempat dimana saya hidup sekarang.

Jumat, 15 Agustus 2008

Mau ngoprek Cisco ? GNS3 ajah

Kalau ada yang belum kenal dengan GNS3, mending langsung kenalan ke homesitenya . Software ini sangat cocok bagi yang mau belajar router Cisco tapi nggak punya modal buat beli router. GNS3 merupakan simuator grafikal dari software simulator dynamips. Jadi kita memang dimanjakan dengan kehadiran GNS3 ini karena semuanya sudah terpampang grafis.

Keunggulannya dibanding simulator dynagen (konvensional):

  1. Yang pertama jelas kemudahannya dalam membuat topologi jaringan. Kalo sebelumnya menggunakan dynagen kita harus bikin secara manual di file networknya (*.net). Bikin parameter router1, router 2, bikin koneksinya, nilai idlepc, dst dst. Pakai GNS3 jelas alurnya dibalik. Dengan tampilan grafis, yang perlu dilakukan tinggal menarik type perangkat / router dari Dock Nodes Types di sisi kiri tampilan. Setelah topologi jaringan terbentuk, tinggal klik icon Save network file, otomatis tersimpan file *.net di direktori kerja GNS3. Jika Router virtual sudah dikonfigurasi, file konfigurasi *.cfg nya juga otomatis tersimpan di direktori config.
  2. Mudah dalam instalasi dan setup konfigurasi. Sudah jelas, secara tampilan sudah grafis, ditambah bundle dengan Pemu. Tinggal klik n browse.
  3. Yang ketiga dan seterusnya merupakan efek lanjutan dari nomer 1 dan 2 diatas Contohnya dalam menentukan nilai idlepc. Tinggal klik kanan router virtual, lalu pilih Idle PC. Otomatis GNS3 akan menghitungnya untuk anda. Kayaknya fitur klik kanan Idle PC ini belum ada di GNS3 versi 0.3x. Contoh lainnya untuk mengkonfigurasi memory, slot dll, tinggal klik kanan router virtual, lalu klik Configure.
    Selain itu topologi yang kita buat bisa langsung di export dalam bentuk gambar (JPEG, PNG, BMP, XPM)

Tapi saya lebih cenderung mengklasifikasikan GNS3 sebagai emulator, bukan sekedar simulator. Khan pake IOS beneran :-)

0 komentar: